Senin, 01 Desember 2014

GANJA

Ngunandiko.76


GANJA

Ganja (cannabis indica) adalah salah satu jenis dari “Narkoba”. Sedangkan narkoba adalah suatu  singkatan dari narkotika dan bahan/obat berbahaya. Selain istilah “Narkoba” juga dikenal istilah “Napza”, napza merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.
Salah satu resolusi yang akan dicanangkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2015 adalah tekad untuk menjadikan Indonesia bebas “Narkoba”. Hal ini karena penyalahgunaan narkoba telah merebak, dan terbukti penyalahgunaan narkoba tersebut telah merusak masyarakat. Peredaran narkoba telah merambah dari kota besar hingga pelosok desa, dan pemakainya meliputi kalangan yang luas seperti artis, anak sekolah, mahasiswa, guru (bahkan guru besar), pengusaha, birokrat dan lain-lain.

Kebun Ganja
Sudah sejak lama pohon ganja tumbuh subur di berbagai tempat di Indonesia antara lain di Aceh dan banyak tempat lainnya. Di Aceh ganja juga biasa dipakai sebagai penyedap dalam makanan (misalnya : gulai). Ganja harganya relatip murah, sehingga banyak pemakainya.
Di China, rami dan ganja psikoaktif dimanfaatkan secara luas untuk pengobatan ketika terjadi kecelakaan. Pemanfaatan ganja sebagai obat pertama kali ditemukan pada tahun 4000 SM. Pada tahun 2737 SM, konon kaisar Shen Nung telah memanfaatkan ganja sebagai obat.
Di India sebagian orang suci (Sadhu) yang menyembah dewa Shiva menggunakan produk rerivatif ganja untuk melakukan penyembahan dengan cara menghisap ganja (hashish) melalui pipa chilam/chillum, dan dengan meminum minuman dari ganja (bhang).

Daun Ganja
Seperti diketahui ganja juga menjadi simbul budaya hippie yang pernah populer di Amerika Serikat. Hal itu biasanya dilambangkan dengan daun ganja yang berbentuk khas. Selain itu ganja dan juga opium juga di-dengung-kan sebagai simbul perlawanan terhadap arus globalisme yang dipaksakan oleh negara kapitalis terhadap negara berkembang.


*
There are those who prefer to get away inwardly, some with the help of a powerful imagination and an ability to abstract themselves from their surroundingssome with the help of opium or alcohol I prefer shifting my whole body to shifting my brain, and going round the world to letting my head go round (Alexander Ivanovich Herzen ; 1812 - 1870).

*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar