Ngunandiko.172
Keramik bag-2
(Ceramics)
Produk porselen ini umum-nya adalah sebagai peralatan listrik, kimia, mekanik, termal, produk structural, bata bangunan umum, bata paving, ubin ber-rongga, genteng atap, saluran pembuangan, pipa, pot bunga, periuk, dan terra-cotta, serta produk-produk lain-nya.
Sebagai contoh adalah kaolin yang telah mengalami pemurnian (pemutihan)
dan pemilihan, dimana antara lain digunakan sebagai pengganti titanium dioksida
(yang lebih mahal) dalam pelapisan kertas halus, dan pemilihan partikel
batu api bagi pengembangan porselen berkekuatan
lebih tinggi. Disamping itu ada dalam perbaikan pemilihan dan penggilingan nepheline syenite untuk fluxing
gelas dan keramik. Dan pada pot tanah liat tertentu telah ditingkatkan
pemilihan dan pemurnian partikel yang digunakan.
Pada “Keramik bag-1” telah dikemukakan berbagai macam atau jenis produk
keramik antara lain adalah produk porselen. Porselen ini umum-nya adalah sebagai
peralatan listrik, kimia, mekanik, termal, produk structural, bata bangunan
umum, bata paving, ubin ber-rongga, genteng atap, saluran pembuangan, pipa, pot bunga, periuk, dan terra-cotta, serta
produk-produk untuk rumah tangga lain-nya.
Berbagai produk keramik |
Untuk memperoleh gambaran secara lebih luas tentang keramik ini, marilah kita lihat secara singkat sejarah pembuatan produk keramik, khususnya kelompok produk keramik umum (tembikar, porselen dll).
Pembuatan tembikar (salah satu benda keramik tertua), mungkin telah dimulai
pada periode Neolitikum. Misalnya bejana cetakan tangan yang dipanggang di
bawah sinar matahari atau api. karena
bahan keramik itu bersifat inert secara kimia, maka bejana itu menjadi tahan terhadap
kerusakan bahkan setelah lama terpapar atau dikubur. Seperti diketahui para
ahli sejarah sangat tergantung pada benda keramik dalam melacak perkembangan
peradaban kuno ; migrasi manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya ; dan
lain-lain. Berbagai peristiwa pada era sejarah “Mesopotamia”, “Persia”, dan
Mesir diketahui, karena adanya potongan-potongan “tembikar” di tempat-tempat benda
itu ditemukan
Pada zaman Neolitik, alat-alat orang Mesir pada umumnya secara khas
berwarna merah. Kemudian di era predinastik kualitasnya berkembang menjadi berwarna
merah dan sangat halus dengan pola tertentu. Sementara itu pada era
proto-dinasti, vas kaca dibuat dari senyawa
tembaga berwarna biru dan hijau. Dan kemudian “Tembikar” menjadi sangat
dekoratif, terutama pada masa pemerintahan Amenhotep III.
Para ahli keramik China menyatakan bahwa di negeri China “tembikar biasa” pertama kali
dibuat pada masa pemerintahan Hoangti (2698 SM). Sedangkan “tembikar mirip porselen”
telah dibuat lebih awal, dan tidak
berubah sampai pada awal dinasti Sung (960 - 1279 M). Orang China juga membuat
barang ber-enamel. Warna-warna seperti biru kobalt yang digunakan-nya, dipelajari-nya dari orang-orang Arab. Porselen
adalah jenis keramik paling umum, dan digunakan selama berabad-abad untuk semua
jenis barang.
Tembikar Yunani dari jaman prasejarah biasanya memiliki satu warna, sebagian besar
tergantung pada cara pembakarannya. Beberapa barang tembikar sangat halus. Tembikar
berwarna pertama kali muncul di sekitar tahun 2200 SM ; peralatan keperakan muncul disekitar tahun
2000 SM; dan peralatan jenis lainnya
muncul sekitar 1100 SM. Pada periode sekitar 500 SM hingga 320 SM perlengkapan
keramik Yunani umumnya menunjukkan gambaran hitam dengan latar belakang merah,
atau gambaran merah dengan latar belakang hitam. Ada beberapa perlengkapan
keramik yang semuanya berwarna hitam dengan
hiasan, hiasan itu yang disisipkan ataupun dicap. Pada perlengkapan lain
dipasang sisipan tanah liat putih, dan pada sisipan-nya dilukis adegan dengan warna tempera. Pada zaman
Hellenistik, sekitar 300 SM hingga 100
SM, karya ukiran menjadi populer dan
menggantikan lukisan. Selama waktu itu, glasir merah sangat umum digunakan.
Seperti telah diterangkan dalam“Keramik bag-1” produk keramik dalam
arti luas, setelah teknologi pembuatan keramik berkembang, dapat dikelompok-kelompokan
sbb :
- keramik umum seperti tembikar, porselen dan sejenisnya ;
- produk tanah liat seperti batu-bata, genteng, pipa dan lain-lain ;
- berbagai jenis semen ;
- berbagai jenis kaca dan gelas (termasuk lensa);
- bahan tahan api yang mampu menahan suhu sangat tinggi (refractory);
- lain-lain.
Dari perkembangan pembuatan produk keramik di Indonesia, tampak bahwa kelompok keramik umum tembikar, porselen dan sejenisnya
telah cukup maju. Sementara itu kelompok keramik
semen, gelas/kaca dapat
dikatakan lebih maju lagi.
Kemampuan
warga Desa Sangkok dalam membuat keramik tidak diragukan lagi. Kualitas keramik
yang dihasilkan (guci atau tempayan) tidak kalah dengan guci buatan China.
Bahkan, para pengrajin di Desa Sakok ini bisa membuat guci yang persis sama dengan
guci asli China. Jika Anda datang ke Desa Sakok (Singkawang), maka Anda dapat menemukan
tiruan guci keramik tua dari dinasti Ming.
Sebelum masa penjajahan Belanda kelompok produk keramik
umum seperti tembikar, porselen,
batu-bata, genteng, pipa dan lain-lain telah diproduksi diberbagai
tempat di Indonesia. Misalnya tempayan, pot (potterey) atau guci telah lama menjadi hasil kerajinan rakyat diberbagai
tempat, dan keadaan seperti itu sampai
sekarang masih berlangsung antara lain di Desa Mayong (Jepara, Jawa Tengah), di Desa
Dinoyo (Malang, Jawa Timur), dan di Desa Sakok (Singkawang, Kalimantan Barat). Produk-produk
itu pembuatannya juga dipengaruhi oleh asing; misalnya China. Sedangkan berbagai
bahan
baku yang digunakan antara lain adalah tanah lempung atau kaolin berwarna putih, yang banyak terdapat didaerah
itu.
Produk-produk keramik
tersebut diatas proses pembuatan cukup mudah serta tersedia bahan baku tanah
lempung (clay) yang melimpah. Tanah lempung dibentuk sesuai dengan produk yang
diinginkan (mis : guci) dan setelah bentuk terjadi, maka lalu diberi motif (mis
; bermotif naga), diberi warna, dan dibakar dalam tungku bersuhu hingga 1.000
derajat Celcius.
Guci keramik Sakok |
Pada saat ini (tahun 2010-an) kemampuan warga Desa Sangkok dalam membuat keramik tidak diragukan lagi. Kualitas keramik yang dihasilkan (guci atau tempayan) tidak kalah dengan buatan China. Bahkan, para pengrajin di Desa Sakok ini bisa membuat guci yang persis sama dengan guci asli China. Jangan heran, jika Anda datang ke Desa Sakok (Singkawang) menemukan guci keramik tua dari dinasti Ming.
Selain dari ketiga tempat
diatas (Dinoyo, Mayong, dan Sangkok) ada pula tempat produksi keramik yang khas,
yang dilakukan oleh rakyat, dan juga sangat terkenal di Indonesia yaitu di desa
Kasongan (DIY Yogyakarta) dan di desa Plered (Jawa Barat). Hasil produksinya beragam
yaitu barang-barang keramik tradisional dan kontemporer (terutama di Kasongan).
Barang-barang keramik tersebut berupa
pot bunga, tempayan, patung-patung dan lain-lain karya seni.
Sementara itu produk-produk keramik seperti batu-bata, genteng, pipa dan lain-lain
guna dipakai pada pembuatan bangunan dan rumah juga telah di produksi
diberbagai tempat antara lain di Soka (Kebumen, Jawa tengah) dan Jatiwangi
(Cirebon, Jawa Barat).
Pabrik Genteng Soka |
Sebagaimana diketahui perkembangan industry keramik yang termasuk dalam kelompok gelas/kaca di Indonesia di mulai kira-kira pada awal Indonesia merdeka. Produk yang dihasilkan adalah alat-alat rumah tangga seperti botol, gelas-minum dan toples (tempat makanan) dan lain-lain. Bahan baku utama-nya adalah gelas/kaca bekas (beling atau cullet) yang dilebur lalu dicetak kembali. Sampai sekarang (abad ke-21) masih berlangsung misalnya : produk alat-alat rumah tangga (gelas-minum, stoples, botol dll) hasil pabrik-pabrik gelas-kaca “PT Culletprima Setia” di Tangerang ; “PT Kemasindo Ampuh” di Bogor ; “PT. Kedaung” di Semarang dan tempat-tempat lain.
Sedangkan
untuk produk kaca (flat glass atau kaca-jendela), pada awal tahun 1960-an pemerintah
Indonesia telah merintis pembangunan pabrik kaca jendela. Hal itu dilakukan oleh pemerintah dengan
mengambil alih usaha yang telah dimulai
oleh swasta di Kalibata, Jakarta Selatan.
Namun rintisan pembangunan pabrik kaca jendela itu dibatalkan antara lain karena adanya
pemberontakan G30S PKI pada tahun 1965.
Sementara
itu, pada tahun 1980-an, suatu perusahaan swasta bekerja sama dengan perusahaan Jepang (ASAHI)
berhasil membangun pabrik kaca jendela (Flat Glass) di Ancol, Jakarta. Bahan
pasir kwarsa untuk bahan baku pabrik kaca jendela (Flat Glass) PT. Asahimas di
Ancol tersebut didatangkan dari Bangka-Bilitung ataupun dari Kalimantan Timur.
Pada
saat ini (2018) pabrik kaca jendela PT Asahimas di Ancol yang kapasitas-nya
kira-kira 120 ribu ton per tahun itu, lokasi-nya dipandang tidak cocok lagi dan
telah dioperasikan sejak tahun 1982. Pabrik kaca jendela PT
Asahimas di Ancol itu akan ditingkatkan kapasitasnya dan direlokasi ke wilayah
Cikampek, Jawa Barat.
Seperti
diketahui sejak tahun 1905 Indonesia telah memiliki pabrik semen di Padang (Indarung),
Sumatra Barat dengan memanfaatkan deposit batu-kapur (bahan baku) dan batu-bara
(bahan energy) yang ada di wilayah itu. Kemudian mengingat adanya program
pembangunan yang akan dilaksanakan (a.l PELITA), maka pemerintah Republik Indonesia
memandang perlu membangun pabrik-pabrik semen guna mendukung program
pembangunan tersebut. Kemudian pemerintah berturut-turut membangun pabrik semen
di Gresik (Jawa Timur), Tonasa (Sulawesi Selatan), Kupang (Nusatenggara Timur),
Baturaja (Sumatra Selatan). Total kapasitas pabrik semen milik Negara (BUMN) itu sekarang (2018) telah mencapai lk 30
juta ton per tahun.
Pabrik Semen |
Sementara itu perusahaan-perusahaan swasta juga telah membangun sejumlah pabrik semen, lokasi-nya tersebar di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur. Pabrik semen milik PT. Indocement Tunggal Prakarsa dan milik PT. Holcim Indonesia adalah di Jawa Barat dan Jawa Tengah ; milik PT. Semen Gresik adalah di di Jawa Timur ; milik PT. Semen Bosowa dan PT. Semen Tonasa adalah di Sulawesi Selatan ; milik PT. Semen Kupang adalah di Nusa Tenggara Timur ; dan di Kalimantan ada satu pabrik yaitu milik PT. Indocement Tunggal Prakarsa. Total kapasitas produksi pabrik semen milik swasta (2018) lk 800 juta ton per tahun.
Sebagai
Negara yang memiliki potensi besar akan bahan baku keramik seperli batukapur
(limestone), pasir silica (silica sand), tanah lempung (clay), feldspar,
kaoline, pasir titan (titanic sand) dan lain-lain, maka seperti halnya Negara-negara maju, Indonesia juga
membangun lembaga penelitian dan pengembangan (R & D) keramik. Lembaga
tersebut adalah Balai Besar Keramik (Balai Keramik) di Bandung yang memiliki
tugas utama sbb :
- Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan (R & D), kerjasama, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi dan pengembangan industri keramik. Dalam melaksanakan tugas, Balai Besar Keramik memiliki fungsi yang sangat luas yaitu untuk:
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan, pelayanan jasa teknis bidang teknologi bahan baku, bahan pembantu, proses, produk, peralatan dan pelaksanaan pelayanan dalam bidang pelatihan teknis, konsultasi/ penyuluhan, alih teknologi serta rancang bangun dan perekayasaan industri, inkubasi dan penanggulangan pencemaran.
- Melaksanakan pemasaran, kerjasama, pengembangan, dan pemanfaatan teknologi informasi
- Pelaksanaan pengujian dan sertifikasi bahan baku, bahan pembantu dan produk industri keramik serta kegiatan kalibrasi mesin dan peralatan.
- Melakukan perencanaan, pengolahan, koordinasi sarana dan prasarana untuk kegiatan penelitian dan pengembangan di bawah Balai Besar Keramik dan juga melakukan penerapan standar industri keramik.
- Melaksanakan pengujian dan sertifikasi bahan baku, bahan mentah, bahan penolong, produk keramik dan kalibrasi peralatan dan permesinan.
Sebagai contoh dari hasil pelaksanaan tugas Balai Besar Keramik antara
lain adalah : Standar mutu dari berbagai produk porselen ; Tenaga-tenaga
terlatih pembuatan bata & genteng hasil pelatihan teknis di berbagai daerah
misalnya Aceh, Papua dll ; “Cara-cara untuk menghindarkan keracunan timbal pada
pemakaian glasur-glasur timbal dalam keramik” ; dan sebagainya. Patut dicatat
bahwa perusahaan-perusahaan yang besar seperti perusahaan semen (Mis : PT Semen
Gresik) dan perusahaan gelas/kaca (Mis : PT. Asahimas) juga memiliki lembaga
penelitian dan pengembangan (R & D) sendiri.
Sebelum
menutup bahasan dan renungan singkat tentang keramik ini ingin kami kemukakan hal-hal
sbb ;
- Perkembangan teknologi kelompok keramik tembikar, porselen, batu-bata, genteng dan sejenisnya di Indonesia dapat dipandang telah cukup maju. Demikian juga dengan kelompok keramik semen dan gelas/kaca. Produk-produk keramik tersebut sesungguhnya telah mampu memasuki pasar dunia, namun keramik tembikar dan porselen tampaknya mendapatkan saingan berat dari Vietnam dan Philipina. Sedangkan semen mendapatkan saingan berat pula utamanya dari China.
- Kelompok produk keramik yang memiliki sifat khusus seperti lensa, bata tahan api (refractory), isolasi listrik, magnetik dan lain-lain kiranya Indonesia belum memiliki teknologi yang cukup maju ; bahkan sebagian Indonesia belum memilikinya.
- Bagi industry keramik di Indonesia yang telah memiliki teknologi cukup maju, maka perlu terus diertahankan serta sedapat mungkin lebih maju lagi. Bagi yang belum kita miliki teknologinya, kita harus berusaha sekuat mungkin untuk memilikinya.
Demikianlah bahasan dan renungan singkat tentang keramik. Semoga
bermanfaat.
*
..….... failure with clay was more complete and more
spectacular than with other forms of art. You are subject to the elements ......
Any one of the old four -- earth, air,
fire, water -- can betray you and melt, or burst, or shatter -- months of work
into dust and ashes and spitting steam. You need to be a precise scientist, and
you need to know how to play with what chance will do to your lovingly
constructed surfaces in the heat of the kiln (A.S. Byatt, The Children’s Book).
*
Bung Yos ! Mohon koreksi & komentar !
BalasHapusIn this manner my associate Wesley Virgin's biography starts in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.
BalasHapusAs a matter of fact, Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "mind control" tactics that the CIA and others used to get everything they want.
THESE are the EXACT same tactics tons of celebrities (notably those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become wealthy and successful.
You've heard that you only use 10% of your brain.
That's mostly because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.
Perhaps that thought has even occurred INSIDE OF YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about 7 years back, while riding a non-registered, beat-up trash bucket of a car without a license and $3.20 on his debit card.
"I'm absolutely frustrated with going through life payroll to payroll! When will I get my big break?"
You've been a part of those those types of thoughts, right?
Your success story is waiting to happen. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.
UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER